Laman

Minggu, 11 September 2011

Ring piston

Cara Benar Pasang Ring Piston 4-Tak

Ring Piston

Aduh…. ini bukan sok menggurui lho, cuma share ilmu aja (Maklum, penulis hanyalah seorang IT, bukannya Montir). Sepintas, pasang ring piston alias ring seher tampak mudah. Padahal, ada aturan mainnya lho. Jangan sampai terbalik, berakibat fatal.

Ring piston

Paling rawan saat pemasangan ring seher kompresi. Ada dua macam. Ring kompresi pertama terletak paling atas. “Ring kompresi kedua di tengah-tengah, antara ring kompresi pertama dan ring oli. Nah, jangan sampai terbalik. Khusus buatan NPR, ring kompresi berwarna agak terang. Tepatnya kuning keemasan dan rada terang. Tugasnya lumayan berat, selain menahan kompresi, juga menyalurkan panas pembakaran. Pasang ring kompresi pertama relatif ringan. Boleh dibolak-balik. Karena bentuk bibir samping atas-bawah sama saja. Yang mesti hati-hati saat pasang ring kompresi kedua. Khusus buatan NPR, berkelir agak gelap. Mesti rada hati-hati lantaran haram terbalik. Coba perhatikan di ujung gap ring. Pasti terdapat tulisan atau tanda. Seperti N yang berarti buatan NPR. Ketika pasang di got piston, huruf N harus menghadap ke atas.

Ring 2

Kalau terbalik, oli dalam girboks bisa nyelonong ke ruang bakar. Bentuk bibir samping ring kompresi kedua meruncing di bawah. Tugasnya menyapu pelumas di permukaan liner. Juga tidak bikin kotoran menumpuk di bawah ring . Ehm.
http://bestfuture.wordpress.com/2007/05/10/cara-benar-pasang-ring-piston-4-tak/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar